24 April 2019

10 Pengembang Top Indonesia versi BCI Asia

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepuluh pengembang properti Indonesia meraih penghargaan BCI Asia Top 10 Awards 2019.  Penghargaan ini diberikan kepada pengembang dengan nilai agregat proyek terbesar yang sedang dibangun selama kalender penuh 2018. Research Manager BCI Asia Cahyono Siswanto menjelaskan, penilaian agregat ini berdasarkan pada proyek yang tengah dikerjakan pengembang tersebut pada tahun berjalan. Kendati terdapat pengembang yang melansir banyak proyek baru namun tidak langsung dikerjakan pada tahun yang sama, maka nilai proyek tersebut tidak masuk dalam penghitungan. "Jadi di sini benar-benar nilai konstruksi, bukan nilai hasil jualan," kata Cahyono kepada Kompas.com, Selasa (23/4/2019).

Adapun nilai proyek yang tengah dikembangkan kesepuluh developer tersebut mencapai 1,21 miliar dollar atau setara Rp 15,77 triliun. Nilai ini sedikit turun bila dibandingkan tahun 2018 yang mencapai 1,3 miliar dollar AS atau setara Rp 17,9 triliun. Namun, bila dibandingkan dua tahun lalu, perolehan ini mengalami kenaikan. Pada portofolio tahun 2017, tercatat nilai proyek sepuluh pengembang yang masuk nominasi yang sama hanya mencapai 1,05 miliar dollar AS atau setara Rp 14 triliun.

Cahyono menambahkan, ada perbedaan di dalam komposisi pengembang yang masuk nominasi tahun ini. Empat developer yang sebelumnya masuk yakni PT Intiland Development Tbk, PT Jaya Real Property Tbk, Pollux Properties Indonesia dan PT Lippo Karawaci Tbk, kali ini terlempar dari daftar. Posisi mereka digantikan PT Astra Land Indonesia, PT Pakuwon Jati Tbk, PT Wijaya Karya Realty, dan PT Summarecon Agung Tbk. "Memang kalau kita lihat ada keluar masuk, semua tergantung kondisi. Misalnya, ada developer yang intensif merilis produk dan membangun, itu ada konsistensi per tahun itu ada," jelas Cahyono. "Tapi ada juga pengembang yang lansir tahun ini tapi tahun depan baru bangun. Kenapa kita ada annual event ini untuk memetakan tolok ukur," imbuhnya.

Berikut daftar 10 developer yang menerima penghargaan tersebut: PT Adhi Commuter Properti PT Ciputra Development Tbk, PT Astra Land Indonesia, PT Pakuwon Jati Tbk, PT Wijaya Karya Realty, PT Summarecon Agung Tbk, PT PP Properti Tbk, Sinarmas Land, PT Trans Property, PT Waskita Karya Realty.

 

Source : https://properti.kompas.com/read/2019/04/23/200210721/10-pengembang-top-indonesia-versi-bci-asia



Contact Us